Prospek Bisnis Makanan dan Minuman Menjanjikan Ala Street Food Concept
Satu pagi di kota Jakarta, asisten online saya pernah jalanan di salah satunya GOR populer. Dia mendapatkan satu potensial usaha minuman dan makanan yang benar-benar menjanjikan. Apakah itu? Usaha minuman dan makanan "jalanan". Orang luar negeri bilangnya street food… tipe usaha minuman dan makanan yang benar-benar disukai.
Jika menurut saya sich seperti usaha kaki lima, tetapi dengan ide yang semakin kekinian serta higienis. Eh, sudah pada tahu belum apakah itu street food concept? Di luar negeri ide ini termasuk juga ide usaha yang sedang tren lho. Belum mengetahui? Sempat melihat orang jualan roti, keripik plus minuman gunakan mobil? Ya itu ia street food concept.
Ciri usaha ini ialah tetap manfaatkan satu mobil dengan bak tertutup. Memperingatkan saya dengan mobil caravan yang berada di luar negeri. Bagus setelah deh pokoknya… Dengan sedikit otak-atik sana sini, Anda dapat menyulap mobil antik Anda jadi satu gerai makan.
Eniwei, saya sering menjelaskan jika rasa ingin tahu tetap sukses meciptakan pembelian pertama. Sebab rasa ingin tahu termasuk juga dalam sasaran dari pemasaran kerangka. Bahasa gampangnya ialah bagaimanakah cara Anda jual dagangan Anda. Serta street food concept penuhi kriteria untuk membuat rasa ingin tahu customer.
Kembali ke narasi asisten online saya, semenjak kehadirannya yang menonjol, gerai berjalan ini berhasil bikin asisten online saya serta pengunjung GOR yang lain ingin tahu. "Dandanan" mobilnya benar-benar menonjol. Mobil baknya menyengaja di cat dengan warna yang ngejreng, buat beberapa ABG nengok semua. Betul-betul taktik datangkan calon customer yang eksentrik…
"Tetapi dok, jika hanya tiba tetapi rupanya barang dagangannya tidak enak kan sama juga bo'ong…" Betul !! Kata om Hermawan content juga harus jadi perhatian. Sebab kenikmatan customer lah yang akan datangkan repeat order supaya potensial usaha minuman dan makanan ala street food concept masih abadi.
Ini berarti jika mereka senang dengan produk yang Anda sediakan, mereka akan tiba serta tiba lagi. Bukan hanya itu, kontinuitas Anda untuk memberi kepuasan mereka akan membuat mereka dengan cara suka-rela mempromokan produk Anda pada mitra mereka. Dan itu level paling atas dari taktik pemasaran… membuat customer yang tambahan setia pada Anda !!
Nah, gerai berjalan yang didapati asisten online saya ini benar-benar memerhatikan hal tersebut. Faktanya gerai ini cukup sukses memberi kepuasan nafsu makan pagi asisten online saya. Sarapannya enak, sederhana, cepat serta sehat… itu kesan-kesan pertama yang ia alami. Menunya tanpa ada goreng serta tanpa ada keju terlalu berlebih. Ganas kan?
Saya jadi ingat dengan ide street food di luar negeri. Disana banyak ide sama yang pokoknya ialah bentuk lain dari usaha kaki lima, tetapi dikemas dengan cara kekinian. Anda dapat beli minuman dan makanan untuk Anda makan dalam tempat atau Anda makan waktu Anda meneruskan perjalanan Anda.
Itu penyebabnya ide ini benar-benar memprioritaskan hidangan yang sederhana. Tidak kebayang kan jika Anda jualan sate kambing dengan ide street food, wkwkwkwkwk…
Nah, dengan mengambil ide kaki lima kekinian ini, Anda dapat ambil margin lebih bagus dari sekdedar ide kaki lima biasa. Misalnya saja pada gerai berjalan barusan, satu porsi makanannya dibanderol pada harga seputar 10 ribu sampai 20 ribu rupiah. Untuk minuman seputar Rp 7 beberapa ribu. Harga itu jelas jauh di atas harga satu porsi bubur ayam serta teh manis yang di jajakan di kaki lima sampingnya. Harga hanya Rp 8 ribu per bagian serta Rp 3 ribu per cup.
Tetapi permasalahan tentukan harga jual bergantung harga pasaran di kota Anda semasing lho. Jika Anda jual menu jalanan pada harga begitu di kota Jogja kemungkinan Anda akan dibuang sandal. Tetapi sebab gerai ini bukanya di Jakarta, jadi harga begitu masih masuk di kantong customer. Intinya, cocokkan saja dengan psikografi customer di kota Anda…
Well, bicara tentang potensial usaha minuman dan makanan ini, saya akan coba hitung prediksi ongkos serta keuntungan dari usaha minuman dan makanan berbentuk gerai berjalan ini. Saya coba sertakan perlengkapan bisnisya, dari mulai mobil bak sampai mesin cup sealer.
Namun saya mengasumsikan usaha ini berjalan di kota Jogja pada harga jual yang semakin rendah. Agar semakin mudah. Misalnya menu makanan saya kasih anggapan harga 10 – 15 ribu rupiah. Jika minuman saya kasih harga Rp 5 beberapa ribu saja. Bagaimana prediksi hasilnya? Apa potensial usaha minuman dan makanan ala jalanan ini memberikan keuntungan? Silakan baca logikanya berikut ini :
Modal Awal Mobil bakRp. 25.000.000,00 Dekor mobilRp. 15.000.000,00 Perlengkapan masakRp. 4.000.000,00 BlenderRp. 300.000,00 Pakaian seragam Mesin cup sealerRp. 1.000.000,00 GensetRp. 3.500.000,00 Bangku serta mejaRp. 10.000.000,00 TOTAL Rp58.000.000,-Modal Kerja Bahan baku makananRp. 4.500.000,00 Bahan baku minumanRp. 3.375.000,00 Tenaga kerjaRp. 600.000,00 GasRp. 100.000,00 SolarRp. 300.000,00 Wadah karton makananRp. 350.000,00 Cup serta tutupRp. 270.000,00 PendataanRp. 50.000,00 KebersihanRp. 50.000,00 TOTAL Rp. 9.595.000,-Pendapatan Makanan
Rp12.000 x 30 prs x 30 hariRp 10.800.000,- MinumanRp 5.000 x 45 cup x 30 hariRp 6.750.000,-TOTAL Rp17.550.000,-Keuntungan per bulan Rp. 7.955.000,-
Bagaimana dengan anggapan hitungan di atas? Potensial usaha minuman dan makanan ala street food concept cerah kan? Anda dapat kantongi untung seputar Rp 7 -8 juta-an per bulan. Berarti Anda dapat BEP dalam 7 bulan.
Ini cuma prediksi minimum lho, sebab faktanya sangat banyak gerai berjalan yang rekan saya dapatkan di Jakarta barusan dapat mengantongi keuntungan lebih dari pada prediksi barusan. Tertarik untuk mengambil ide usaha minuman dan makanan ini jadi kesempatan usaha Indonesia asli?